HASIL DAN PEMBAHASAN
PROGDI
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
A.
Hasil Telaah Perangkat
Pembelajaran
1.
Identitas Mata Pelajaran
Identitas RPP yang ditelaah adalah RPP K-13. Mata pelajaran Bahasa Inggris dan topik RPP “Thanking and
Apologizing” untuk RPP kelas VII yang menggunakan Kurikulum 2013 dan “Descriptive and Recount Text” untuk
kelas VIII yang menggunakan KTSP 2006. Dengan meminjam RPP
dari guru mata pelajaran Bahasa Inggris,
didapatkan data sebagai berikut :
Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran , dilihat dari identitas
mata pelajaran meliputi satuan pendidikan, kelas, semester, program/program
keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran, jumlah pertemuan hasil penelaahan
sudah lengkap untuk RPP kelas VII karena
didalamnya sudah tercantum
satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas/semeter, materi pokok, dan alokasi
waktunya. Sedangkan untuk RPP kelas VIII masih
kurang lengkap karena hanya tercantum nama sekolah, mata pelajaran, kelas dan
semester, dan alokasi waktu. Tidak terdapat penjelasan tentang materi yang akan
dipelajari.
2.
Perumusan Indikator
Perumusan indikator meliputi kesesuaian dengan SKL/SK/KI dan KD pada RPP kelas VII
sesuai sebagian,
karena pada perumusan indikator tidak terdapat
point dari KI 2, secara lebih jauh indikator yang dirumuskan sudah sesuai seluruhnya dengan KD yang dipilih. Sedangkan untuk RPP kelas VIII tidak lengkap karena
hanya terdapat masing-masing 1 Standar Kompetensi dan 1 Kompetensi Dasar.
Tetapi dalam indicator terdapat 4 point yang berbeda jauh dan tidak mencakup
pembahasan yang lengkap hanya terdapat indicator yang mengarahkan pada materi
ajar langsung.
Kesesuaian penggunaan kata kerja operasional dengan kompetensi
yang diukur pada RPP kelas VII sesuai
sebagian, karena pada KI 3 memilih KD dengan
kata sapaan, pamitan, permintaan maaf, dan ucapan terimakasih tetapi indikator yang dirumuskan hanya mencakup permintaan maaf dan ucapan terimakasih. Untuk kesesuaian penggunaan kata kerja
operasional dengan kompetensi yang diukur pada RPP kelas VIII masih kurang dan
sulit dimengerti.
Kesesuaian dengan aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sudah sesuai seluruhnya untuk RPP kelas VII. Dan masih
kurang untuk RPP kelas VIII.
3.
Perumusan Tujuan Pembelajaran
Perumusan tujuan pembelajaran meliputi kesesuaian dengan proses
dan hasil belajar yang diharapkan dicapai, sesuai seluruhnya untuk RPP kelas VII
karena disetiap pertemuan tujuan yang dirumuskan sudah mencakup semua KI yang
perlu dicapai yang meliputi aspek sikap(religius dan sosial), kognitif dan psikomotorik.
Tetapi masih banyak kekurangan untuk RPP
kelas VIII karena bahkan tidak diuraikan secara jelas tujuan pembelajarannya.
Kesesuaian dengan kompetensi dasar dan indikator sesuai sesuai seluruhnya karena sudah sesuai dengan KD 1, 2,
3, dan 4.
4.
Pemilihan Materi Ajar
Pemilihan materi ajar meliputi kesesuaian dengan tujuan
pembelajaran, sesuai seluruhnya untuk RPP kelas
VII karena materi ajar yang dirumuskan sudah mencakup semua tujuan
yang ingin dicapai. Tetapi ada sedikit keganjilan untuk RPP
kelas VIII karena tidak ada tujuan pembelajaran yang tercantum sehingga sulit
untuk menentukan apakah materi ajar sudah sesuai atau belum.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik, sesuai sebagian
karena setiap anak mempunyai karateristik yang berbeda ada sebagian yang memang
mudah dalam memahami tetapi ada juga siswa yang sulit untuk mengikuti
pembelajaran yang berlangsung.
Kesesuaian dengan alokasi waktu untuk RPP kelas VII sudah sesuai seluruhnya, karena
pengalokasian waktu sudah direncanakan sangat baik setiap pertemuannya. Sedangkan untuk RPP kelas VIII masih kurang karena
tidak tercantum alokasi waktu secara jelas.
5.
Pemilihan Sumber Belajar
Pemilihan sumber
belajar yang meliputi kesesuaian dengan SK/KI dan KD untuk RPP kelas VII dan kelas VIII sesuai sebagian,
karena sumber belajar yang dipilih sudah sesuai dengan materi yang akan
disampaikan akan tetapi referensi yang ditampilkan
tidak terlalu banyak.
Kesesuaian dengan materi pembelajaran dan pendekatan scientific,
tidak sesuai untuk kedua RPP terkait karena dalam RPP ini tidak diuraikan sumber belajarnya hanya di
tulis judul buku sebagai referensi. Dan
sumber yang tercantum hanya 2 yang berasal dari buku fisik, sisanya hanya tertulis
sebagai worksheet made by teacher. Bahkan dalam RPP kelas VIII terdapat materi
ajar yang tidak dijabarkan sumbernya pada rubik sumber belajar.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik, tidak sesuai untuk kedua RPP terkait karena
tidak ada penjabaran dari sumber – sumber belajar yang dipilih sedangkan tiap siswa dapat secara langsung paham
hanya dengan sumber yang sedikit.
6.
Pemilihan Media Belajar
Pemilihan media belajar meliputi kesesuaian dengan tujuan
pembelajaran sesuai seluruhnya untuk RPP kelas
VII karena media yang dipilih sudah dapat digunakan untuk menyampaikan
materi sehingga tujuan dapat tercapai.
Sedangkan untuk RPP kelas VIII tidak sesuai karena didalam penulisan RPP tidak
dijelaskan media apa saja yang digunakan
Kesesuaian dengan materi pembelajaran dan pendekatan scientific,
sesuai seluruhnya karena media yang digunakan didalamnya sudah mencakup 5M
(mengamati, mencoba, menanya, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan). Karena dalam penulisan RPP untuk kelas VIII tidak
tercantum media yang digunakan maka tidak sesuai dengan materi pembelajaran dan
pendekatan scientific.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik, sesuai sebagian untuk RPP kelas VII karena
karakteristik setiap siswa berbeda, sehingga media yang digunakan belum tentu
tepat untuk siswa. Untuk RPP kelas VIII harus ada penulisan
media lebih lanjut untuk dapat menentukan kesesuaian media dengan karakteristik
peserta didik.
7.
Model Pembelajaran
Model pembelajaran meliputi kesesuaian dengan tujuan pembelajaran untuk kedua RPP kelas VII maupun kelas VIII sesuai sebagian, karena pada saat pembelajaran tidak pasti seorang
pengajar dapat mengaplikasikan model yang sudah direncanakan dan model
kooperatif belum ditentukan model yang seperti apa.
Kesesuaian dengan pendekatan scientific, sesuai seluruhnya untuk RPP kelas VII karena
pada model pembelajaran kooperatif sudah terdapat unsur 5M di dalamnya.
8.
Skenario Pembelajaran
Skenario pembelajaran meliputi menampilkan kegiatan pendahuluan,
inti, dan penutup dengan jelas, untuk
RPP kelas VII dan kelas VIII sesuai seluruhnya karena
dalam pendahuluan sudah di rumuskan apersepsi, dengan kegiatan inti yang sudah
jelas, dan penutupan yang bagus.
Kesesuaian kegiatan dengan penerapan model pembelajaran dan
pendekatan scientifik, sesuai seluruhnya untuk
RPP kelas VII karena pada pembelajaran sudah mencakup unsur 5M. Tetapi masih kurang untuk RPP kelas VIII karena RPP
tersebut menggunakan KTSP 2006 sehingga belum mencakup 5M secara lengkap.
Kesesuaian penyajian dengan sistematika materi, sesuai seluruhnya
karena setiap materi sudah mencakup topik pembelajaran yang akan dibahas.
Kesesuaian alokasi waktu dengan cakupan materi untuk RPP kelas VII
sesuai seluruhnya karena setiap pertemuan sudah terinci dengan baik sesuai
dengan jam pelajaran. Tapi berbeda jauh dengan RPP kelas VIII
yang tidak dijelaskan secara rinci waktu dari tiap-tiap kegiatan dan hanya
tertulis total waktu yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.
9.
Penilaian
Penilaian meliputi kesesuaian dengan teknik dan bentuk penilaian
autentik, sesuai seluruhnya karena penilaian yang dibuat meliputi penilaian
sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan dan keterampilan dan sesuai dengan
pedoman penilaian Kurikulum 2013. Tetapi karena dalam RPP kelas VIII masih menggunakan
KTSP 2006 sehingga belum dicantumkan secara jelas mengenai penilaian sikap
(spiritual dan sosial) hanya terdapat penilaian pengetahuan dan keterampilan.
Kesesuaian dengan indikator pencapaian kompetensi untuk kedua RPP kelas VII maupun kelas VIII sesuai sebagian karena pada penilaian keterampilan tidak sesuai
dengan indikator yang dibuat.
Kesesuaian kunci jawaban
dengan soal untuk RPP kelas VII sudah sesuai seluruhnya karena pertanyaan sudah sesuai dengan kunci
jawaban. Sedangkan untuk RPP kelas VIII masih
kurang sesuai karena tidak dicantumkan kunci jawaban.
Kesesuaian pedoman penskoran dengan soal untuk RPP kelas VII dan kelas VIII sesuai seluruhnya karena sudah sesuai dengan pedoman penskoran dalam K-13 maupun KTSP 2006
Kesesuaian antara instrumen penilaian dengan rubrik penilaiannya untuk kedua RPP kelas VII maupun kelas VIII sudah sesuai seluruhnya karena rubrik yang di buat sudah sesuai dengan
instrumen penilaian yang dibuat.
B. Telaah Strategi Pembelajaran
Penelaahan proses pembelajaran didapatkan dengan mengamati proses
pembelajaran dikelas. Kelas yang diamati adalah kelas VIII, dengan materi
Descriptive and Recount text. Aspek yang diamati pada kegiatan pendahuluan
meliputi siswa memberi salam pada guru dan sebaliknya, serta guru menyiapkan
bahan ajar yang akan digunakan di kelas.
Aspek
kedua, kegitan inti meliputi memberkan
materi yang dapat memfasilitasi ketercapaian kompetensi pada indikator
dengan menyampaikan secara ceramah dan disajikan dalam bentuk powerpoint serta
dibagikan lembar kerja siswa. Mengelola kelas dengan baik, akan tetapi masih
kurang karena siswa masih banyak yang tidak memperhatikan apa yang disampaikan
oleh guru. Melaksanakan pembelajaran dengan mengamati perbedaan antara
Descriptive text dengan Recount text. Penjelasan tentang bagaimana cara
menyusun kalimat dengan tata bahasa yang benar dan cara membuat kalimat yang
bersifat positif (positive ), negatif (negative), dan tanya (interogative).
Melaksanakan pembelajaran
sesuai dengan RPP, tidak semua kegiatan yang dilakukan sesuai dengan kegiatan
yang dirinci pada RPP. Memberikan pertanyaan apa dan bagaimana cara membedakan
antara Reount text dengan Descripstive text. Memancing peserta didik untuk
bertanya, dengan memberikan kesempatan siswa untuk bertanya apa yang belum
dipahami.
Memberikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan mengamati,
dilakukan dengan cara mengetahui apa saja struktur dari Descriptve text dan
Recount text. Menyajikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan mencoba,
dengan mencoba beberapa soal yang diberikan oleh guru tersebut. Menyajikan
kegiatan peserta didik untuk keterampilan menganalisis, dengan memberikan
beberapa lembar siswa yang dikerjakan secara berkelompok.. Mengamati sikap dan
perilaku peserta didik dalam mengikuti pelajaran dengan mengunjungi setiap kelompok.
Melakukan penilaian keterampilan peserta didik dalam melakukan aktivitas
individu atau kelompok dilakukan bersamaan ketika mengunjungi setiap kelompok.
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar, dilakukan dengan
menggunakan presentasi powerpoint. Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan
media pembelajaran. Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media
pembelajaran, guru menyuruh siswa untuk memperhatikan layar LCD dan
mendengarkan apa ceramah yang disampaikan.
Tidak hanya guru yang mendominasi saat di kelas kemungkinan
dikarenakan siswa telah berani mengungkapkan argumennya. Menunjukkan sikap
terbuka terhadap respons peserta didik, dalam hal ini belum terwujud saat
proses pembelajaran. Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif, hal ini
sudah terwujud dengan adanya kerjasama kelompok dalam pengerjaan tugas
kelompok. Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme peserta didik dalam belajar,
dalam hal ini guru tidak terlalu serius dalam penyampaian materi, sehingga
membuat suasana kelas menjadi ceria. Guru menggunakan bahasa lisan secara jelas
dan lancar, guru sudah menggunakan bahasa formal dalam proses pembelajaran.
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar, dalam menuliskan ringkasan materi
pada layar LCD menggunakan bahasa tulis yang baik dan pada lembar kerja siswa
yang dibuat sudah sesuai dengan bahasa formal dan benar. Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai,
dapat dilihat ketika guru berbicara, seluruh siswa dapat memperhatikan dan memahami
pesan yang disampaikan oleh guru tersebut.
Aspek ketiga kegiatan penutup, meliputi mengakhiri pembelajaran
dengan efektif. Hal ini sudah terwujud dengan cara mengakhiri pembelajaran
sesuai dengan materi yang akan dicapai. Melakukan refleksi dengan melibatkan
peserta didik, guru mereview hasil belajar yang sudah dibahas bersama.
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan.
C.
Telaah Instrumen Penilaian
Instrumen penelaahan instrumen penilaian
Kompetensi inti/standar kompetensi
1. mengargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. menghargai
dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli ( toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
4. mencoba,
mengolah, dan mengkaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,memodifikasi,
dan membuat) dan ranahabtrak (menulis, membaca,menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lan yang sama
dalamsudut panjang dan teori
Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
inggris sebagai bahasa pengantar komunisasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.2 Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.1 Memahami teks lisan berupa sapaan, pamitan, ucapan
terima kasih, dan permintaan maaf serta responnya.
4.1 Menyusun teks lisan untuk mengucapkan dan merespon
sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf, dengan unsure
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator
Pencapaian
1.1.1 Siswa antusias dalam melafalkan ucapan terima
kasih dan permintaan maaf.
1.2.1 Siswa dapat menyatakan rasa terima kasih dan
permintaan maaf dengan santun dan berterima.
3.1.1 Siswa dapat mengenali ekspresi yang digunakan
untuk meminta maaf dan berterima kasih beserta responnya.
4.1.1 Siswa terampil menyusun teks lisan meminta maaf
dan berterima kasih sesuai dengan situasi yang diberikan.
Teknik penilaian
1. Sikap
- Teknik penilaian: Non test berupa pengamatan langsung oleh guru
mengamati serta menilai sikap santun siswa dalam proses pembelajaran
2. Pengetahuan
-Teknik penilaian: Written
3. Ketrampilan’
-Teknik penilaian: Unjuk kerja ketrampilan
Bentuk
Instrumen
1.
Matching test
2.
Situation card
Contoh instrumen
1.
Matching test
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Siswa dapat
mengenali ekspresi yang digunakan untuk menerima maaf dan berterima kasih
beserta responnya
|
Soal No. 1-5
|
Instrumen:
Task 1. Pasangkanlah
gambar dengan situasi dan ungkapan berterima kasih dan meminta maaf yang benar
(lampiran 2)
Pedoman
penilaian pengetahuan:
No.
|
kriteria penilaian
|
skor
|
Task 1 no 1-5
|
Jawaban Benar
|
1
|
Jawaban Salah
|
0
|
Jumlah soal: 5 (lima)
Skor: setiap jawaban diberi nilai 1
: setiap nomor
terdapat 2 jawaban
Nilai total : 5 x 2 = 10
Nilai akhir : jumlah benar x 10
2.
Situation card
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Memraktekkan
dialog tentang meminta maaf atau berterima kasih dengan situasi yang telah
dipilih secara acak.
|
Soal no.1
|
Instrument:
Task 2. Buatlah
dialog mengenai terima kasih dan permintaan maaf sesuai dengan kartu situasi
yang diberikan. Dan praktikkanlah dengan temanmu.
Pedoman Penskoran Keterampilan:
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Keterangan
|
Grammar and Vocabulary
|
4
3
2
1
|
Kontrol dalam grammar dan pemilihan kosa katasangat baik, hampir tidak
ada kesalahan dan bisa dipahami oleh pendengar dengan sangat baik
Kesalahan dalam grammar dan pemilihan kosa kata jarang dan dapat
dimengerti oleh pendengar
Sering terjadi kesalahan dalam grammar dan pemilihan kosa kata tetapi
dapat dimengerti oleh pendengar
Banyak kesalahan dalam grammar dan pemilihan kosa kata dan sedikit
mempengaruhi pemahaman pendengar
|
Pronunciation
|
4
3
2
1
|
Control dalam pelafalan sangat baik, hampir tidak ada kesalahan dan
bisa dipahami oleh pendengar dengan sangat baik.
Kesalahan dalam pelafalan jarang dan dapat dimengerti oleh pendengar
Sering terjadi kesalahan dalam pelafalan tetapi dapat dimengerti oleh
pendengar
Banyak kesalahan dalam pelafalan dan sedikit mempengaruhi pemahaman
pendengar
|
Fluency
|
4
3
2
1
|
Mampu berbicara dengan lancar dan dapat berkomunikasi dengan baik.
Jarang terbata-bata dalam berbicara tetappi dapat berkomunikasi dengan
baik
Sering terbata-bata dalam berbicara dan sedikit mengganggu komunikasi
Sering terbata-bata dalam berbicara dan mengganggu komunikasi
|
Content
|
4
3
2
1
|
Kesesuaian dialog dengan konteks maksimal
Kesesuaian dialog dengan konteks minimal
Konteks dialog yang ditampilkan tidak jelas
Dialog yang ditampilkan diluar konteks
|
Pedoman Penskoran kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan:
NA = X 4
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan, dan
Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar