Minggu, 08 November 2015

HASIL DAN PEMBAHASAN PROGDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS




HASIL DAN PEMBAHASAN
PROGDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

A.                Hasil Telaah Perangkat Pembelajaran

1.                  Identitas Mata Pelajaran
Identitas RPP yang ditelaah adalah RPP K-13. Mata pelajaran Bahasa Inggris dan topik RPP Thanking and Apologizing” untuk RPP kelas VII yang menggunakan Kurikulum 2013 dan “Descriptive and Recount Text” untuk kelas VIII yang menggunakan KTSP 2006. Dengan meminjam RPP dari guru mata pelajaran Bahasa Inggris, didapatkan  data sebagai berikut :
Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran , dilihat dari identitas mata pelajaran meliputi satuan pendidikan, kelas, semester, program/program keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran, jumlah pertemuan hasil penelaahan sudah lengkap untuk RPP kelas VII karena didalamnya sudah tercantum satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas/semeter, materi pokok, dan alokasi waktunya. Sedangkan untuk RPP kelas VIII masih kurang lengkap karena hanya tercantum nama sekolah, mata pelajaran, kelas dan semester, dan alokasi waktu. Tidak terdapat penjelasan tentang materi yang akan dipelajari.

2.                  Perumusan Indikator
Perumusan indikator meliputi kesesuaian dengan SKL/SK/KI dan KD pada RPP kelas VII sesuai sebagian, karena pada perumusan indikator tidak terdapat point dari KI 2, secara lebih jauh indikator yang dirumuskan sudah sesuai seluruhnya dengan KD yang dipilih. Sedangkan untuk RPP kelas VIII tidak lengkap karena hanya terdapat masing-masing 1 Standar Kompetensi dan 1 Kompetensi Dasar. Tetapi dalam indicator terdapat 4 point yang berbeda jauh dan tidak mencakup pembahasan yang lengkap hanya terdapat indicator yang mengarahkan pada materi ajar langsung.
Kesesuaian penggunaan kata kerja operasional dengan kompetensi yang diukur pada RPP kelas VII sesuai sebagian, karena pada KI 3 memilih KD dengan kata sapaan, pamitan, permintaan maaf, dan ucapan terimakasih tetapi indikator yang dirumuskan hanya mencakup permintaan maaf dan ucapan terimakasih. Untuk kesesuaian penggunaan kata kerja operasional dengan kompetensi yang diukur pada RPP kelas VIII masih kurang dan sulit dimengerti.
Kesesuaian dengan aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sudah sesuai seluruhnya untuk RPP kelas VII. Dan masih kurang untuk RPP kelas VIII.

3.                  Perumusan Tujuan Pembelajaran
Perumusan tujuan pembelajaran meliputi kesesuaian dengan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai, sesuai seluruhnya untuk RPP kelas VII karena disetiap pertemuan tujuan yang dirumuskan sudah mencakup semua KI yang perlu dicapai yang meliputi aspek sikap(religius dan sosial), kognitif dan psikomotorik. Tetapi masih banyak kekurangan untuk RPP kelas VIII karena bahkan tidak diuraikan secara jelas tujuan pembelajarannya.
Kesesuaian dengan kompetensi dasar dan indikator sesuai sesuai seluruhnya karena sudah sesuai dengan KD 1, 2, 3, dan 4.

4.                  Pemilihan Materi Ajar
Pemilihan materi ajar meliputi kesesuaian dengan tujuan pembelajaran, sesuai seluruhnya untuk RPP kelas VII karena materi ajar yang dirumuskan sudah mencakup semua tujuan yang ingin dicapai. Tetapi ada sedikit keganjilan untuk RPP kelas VIII karena tidak ada tujuan pembelajaran yang tercantum sehingga sulit untuk menentukan apakah materi ajar sudah sesuai atau belum.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik, sesuai sebagian karena setiap anak mempunyai karateristik yang berbeda ada sebagian yang memang mudah dalam memahami tetapi ada juga siswa yang sulit untuk mengikuti pembelajaran yang berlangsung.
Kesesuaian dengan alokasi waktu untuk RPP kelas VII sudah sesuai seluruhnya, karena pengalokasian waktu sudah direncanakan sangat baik setiap pertemuannya. Sedangkan untuk RPP kelas VIII masih kurang karena tidak tercantum alokasi waktu secara jelas.

5.                  Pemilihan Sumber Belajar
Pemilihan sumber belajar yang meliputi kesesuaian dengan SK/KI dan KD untuk RPP kelas VII dan kelas VIII sesuai sebagian, karena sumber belajar yang dipilih sudah sesuai dengan materi yang akan disampaikan akan tetapi referensi yang ditampilkan tidak terlalu banyak.
Kesesuaian dengan materi pembelajaran dan pendekatan scientific, tidak sesuai untuk kedua RPP terkait karena dalam RPP ini tidak diuraikan sumber belajarnya hanya di tulis judul buku sebagai referensi. Dan sumber yang tercantum hanya 2 yang berasal dari buku fisik, sisanya hanya tertulis sebagai worksheet made by teacher. Bahkan dalam RPP kelas VIII terdapat materi ajar yang tidak dijabarkan sumbernya pada rubik sumber belajar.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik, tidak sesuai untuk kedua RPP terkait karena tidak ada penjabaran dari sumber – sumber belajar yang dipilih sedangkan tiap siswa dapat secara langsung paham hanya dengan sumber yang sedikit.

6.                  Pemilihan Media Belajar
Pemilihan media belajar meliputi kesesuaian dengan tujuan pembelajaran sesuai seluruhnya untuk RPP kelas VII karena media yang dipilih sudah dapat digunakan untuk menyampaikan materi sehingga tujuan dapat tercapai. Sedangkan untuk RPP kelas VIII tidak sesuai karena didalam penulisan RPP tidak dijelaskan media apa saja yang digunakan
Kesesuaian dengan materi pembelajaran dan pendekatan scientific, sesuai seluruhnya karena media yang digunakan didalamnya sudah mencakup 5M (mengamati, mencoba, menanya, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan). Karena dalam penulisan RPP untuk kelas VIII tidak tercantum media yang digunakan maka tidak sesuai dengan materi pembelajaran dan pendekatan scientific.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik, sesuai sebagian untuk RPP kelas VII karena karakteristik setiap siswa berbeda, sehingga media yang digunakan belum tentu tepat untuk siswa. Untuk RPP kelas VIII harus ada penulisan media lebih lanjut untuk dapat menentukan kesesuaian media dengan karakteristik peserta didik.

7.                  Model Pembelajaran
Model pembelajaran meliputi kesesuaian dengan tujuan pembelajaran untuk kedua RPP kelas VII maupun kelas VIII sesuai sebagian, karena pada saat pembelajaran tidak pasti seorang pengajar dapat mengaplikasikan model yang sudah direncanakan dan model kooperatif belum ditentukan model yang seperti apa.
Kesesuaian dengan pendekatan scientific, sesuai seluruhnya untuk RPP kelas VII karena pada model pembelajaran kooperatif sudah terdapat unsur 5M di dalamnya.

8.                  Skenario Pembelajaran
Skenario pembelajaran meliputi menampilkan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup dengan jelas, untuk RPP kelas VII dan kelas VIII sesuai seluruhnya karena dalam pendahuluan sudah di rumuskan apersepsi, dengan kegiatan inti yang sudah jelas, dan penutupan yang bagus.
Kesesuaian kegiatan dengan penerapan model pembelajaran dan pendekatan scientifik, sesuai seluruhnya untuk RPP kelas VII karena pada pembelajaran sudah mencakup unsur 5M. Tetapi masih kurang untuk RPP kelas VIII karena RPP tersebut menggunakan KTSP 2006 sehingga belum mencakup 5M secara lengkap.
Kesesuaian penyajian dengan sistematika materi, sesuai seluruhnya karena setiap materi sudah mencakup topik pembelajaran yang akan dibahas.
Kesesuaian alokasi waktu dengan cakupan materi untuk RPP kelas VII sesuai seluruhnya karena setiap pertemuan sudah terinci dengan baik sesuai dengan jam pelajaran. Tapi berbeda jauh dengan RPP kelas VIII yang tidak dijelaskan secara rinci waktu dari tiap-tiap kegiatan dan hanya tertulis total waktu yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.


9.                  Penilaian
Penilaian meliputi kesesuaian dengan teknik dan bentuk penilaian autentik, sesuai seluruhnya karena penilaian yang dibuat meliputi penilaian sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan dan keterampilan dan sesuai dengan pedoman penilaian Kurikulum 2013. Tetapi karena dalam RPP kelas VIII masih menggunakan KTSP 2006 sehingga belum dicantumkan secara jelas mengenai penilaian sikap (spiritual dan sosial) hanya terdapat penilaian pengetahuan dan keterampilan.
Kesesuaian dengan indikator pencapaian kompetensi untuk kedua RPP kelas VII maupun kelas VIII sesuai sebagian karena pada penilaian keterampilan tidak sesuai dengan indikator yang dibuat.
 Kesesuaian kunci jawaban dengan soal untuk RPP kelas VII sudah sesuai seluruhnya karena pertanyaan sudah sesuai dengan kunci jawaban. Sedangkan untuk RPP kelas VIII masih kurang sesuai karena tidak dicantumkan kunci jawaban.
Kesesuaian pedoman penskoran dengan soal untuk RPP kelas VII dan kelas VIII sesuai seluruhnya karena sudah sesuai dengan pedoman penskoran dalam K-13 maupun KTSP 2006
Kesesuaian antara instrumen penilaian dengan rubrik penilaiannya untuk kedua RPP kelas VII maupun kelas VIII sudah sesuai seluruhnya karena rubrik yang di buat sudah sesuai dengan instrumen penilaian yang dibuat.

B.     Telaah Strategi Pembelajaran
Penelaahan proses pembelajaran didapatkan dengan mengamati proses pembelajaran dikelas. Kelas yang diamati adalah kelas VIII, dengan materi Descriptive and Recount text. Aspek yang diamati pada kegiatan pendahuluan meliputi siswa memberi salam pada guru dan sebaliknya, serta guru menyiapkan bahan ajar yang akan digunakan di kelas.
            Aspek kedua, kegitan inti meliputi memberkan  materi yang dapat memfasilitasi ketercapaian kompetensi pada indikator dengan menyampaikan secara ceramah dan disajikan dalam bentuk powerpoint serta dibagikan lembar kerja siswa. Mengelola kelas dengan baik, akan tetapi masih kurang karena siswa masih banyak yang tidak memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru. Melaksanakan pembelajaran dengan mengamati perbedaan antara Descriptive text dengan Recount text. Penjelasan tentang bagaimana cara menyusun kalimat dengan tata bahasa yang benar dan cara membuat kalimat yang bersifat positif (positive ), negatif (negative), dan tanya (interogative).
 Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP, tidak semua kegiatan yang dilakukan sesuai dengan kegiatan yang dirinci pada RPP. Memberikan pertanyaan apa dan bagaimana cara membedakan antara Reount text dengan Descripstive text. Memancing peserta didik untuk bertanya, dengan memberikan kesempatan siswa untuk bertanya apa yang belum dipahami.
Memberikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan mengamati, dilakukan dengan cara mengetahui apa saja struktur dari Descriptve text dan Recount text. Menyajikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan mencoba, dengan mencoba beberapa soal yang diberikan oleh guru tersebut. Menyajikan kegiatan peserta didik untuk keterampilan menganalisis, dengan memberikan beberapa lembar siswa yang dikerjakan secara berkelompok.. Mengamati sikap dan perilaku peserta didik dalam mengikuti pelajaran dengan mengunjungi setiap kelompok. Melakukan penilaian keterampilan peserta didik dalam melakukan aktivitas individu atau kelompok dilakukan bersamaan ketika mengunjungi setiap kelompok. Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar, dilakukan dengan menggunakan presentasi powerpoint. Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran. Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran, guru menyuruh siswa untuk memperhatikan layar LCD dan mendengarkan apa ceramah yang disampaikan.
Tidak hanya guru yang mendominasi saat di kelas kemungkinan dikarenakan siswa telah berani mengungkapkan argumennya. Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik, dalam hal ini belum terwujud saat proses pembelajaran. Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif, hal ini sudah terwujud dengan adanya kerjasama kelompok dalam pengerjaan tugas kelompok. Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme peserta didik dalam belajar, dalam hal ini guru tidak terlalu serius dalam penyampaian materi, sehingga membuat suasana kelas menjadi ceria. Guru menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar, guru sudah menggunakan bahasa formal dalam proses pembelajaran. Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar, dalam menuliskan ringkasan materi pada layar LCD menggunakan bahasa tulis yang baik dan pada lembar kerja siswa yang dibuat sudah sesuai dengan bahasa formal dan benar.  Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai, dapat dilihat ketika guru berbicara, seluruh siswa dapat memperhatikan dan memahami pesan yang disampaikan oleh guru tersebut.
Aspek ketiga kegiatan penutup, meliputi mengakhiri pembelajaran dengan efektif. Hal ini sudah terwujud dengan cara mengakhiri pembelajaran sesuai dengan materi yang akan dicapai. Melakukan refleksi dengan melibatkan peserta didik, guru mereview hasil belajar yang sudah dibahas bersama. Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan.

C.     Telaah Instrumen Penilaian
Instrumen  penelaahan instrumen penilaian
Kompetensi inti/standar kompetensi
1.      mengargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli ( toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      mencoba, mengolah, dan mengkaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,memodifikasi, dan membuat) dan ranahabtrak (menulis, membaca,menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lan yang sama dalamsudut panjang dan teori
Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunisasi  internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.2 Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.1 Memahami teks lisan berupa sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf serta responnya.
4.1 Menyusun teks lisan untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf, dengan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator Pencapaian
1.1.1 Siswa antusias dalam melafalkan ucapan terima kasih dan permintaan maaf.
1.2.1 Siswa dapat menyatakan rasa terima kasih dan permintaan maaf dengan santun dan berterima.
3.1.1 Siswa dapat mengenali ekspresi yang digunakan untuk meminta maaf dan berterima kasih beserta responnya.
4.1.1 Siswa terampil menyusun teks lisan meminta maaf dan berterima kasih sesuai dengan situasi yang diberikan.
Teknik penilaian
1.      Sikap
- Teknik penilaian: Non test berupa pengamatan langsung oleh guru mengamati serta menilai sikap santun siswa dalam proses pembelajaran
2.      Pengetahuan
-Teknik penilaian: Written
3.      Ketrampilan’
-Teknik penilaian: Unjuk kerja ketrampilan


Bentuk Instrumen
1.      Matching test
2.      Situation card
Contoh instrumen
1.      Matching test
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Siswa dapat mengenali ekspresi yang digunakan untuk menerima maaf dan berterima kasih beserta responnya
Soal No. 1-5

Instrumen:
Task 1. Pasangkanlah gambar dengan situasi dan ungkapan berterima kasih dan meminta maaf yang benar (lampiran 2)

Pedoman penilaian pengetahuan:
No.
kriteria penilaian
skor
Task 1 no 1-5
Jawaban Benar
1
Jawaban Salah
0

Jumlah soal: 5 (lima)
Skor: setiap jawaban diberi nilai 1
: setiap nomor terdapat 2 jawaban
Nilai total  : 5 x 2 = 10
Nilai akhir : jumlah benar x 10

2.      Situation card
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Memraktekkan dialog tentang meminta maaf atau berterima kasih dengan situasi yang telah dipilih secara acak.
Soal no.1

Instrument:
Task 2. Buatlah dialog mengenai terima kasih dan permintaan maaf sesuai dengan kartu situasi yang diberikan. Dan praktikkanlah dengan temanmu.

Pedoman Penskoran Keterampilan:
Aspek yang dinilai
Skor
Keterangan
Grammar and Vocabulary
4




3


2



1
Kontrol dalam grammar dan pemilihan kosa katasangat baik, hampir tidak ada kesalahan dan bisa dipahami oleh pendengar dengan sangat baik
Kesalahan dalam grammar dan pemilihan kosa kata jarang dan dapat dimengerti oleh pendengar
Sering terjadi kesalahan dalam grammar dan pemilihan kosa kata tetapi dapat dimengerti oleh pendengar
Banyak kesalahan dalam grammar dan pemilihan kosa kata dan sedikit mempengaruhi pemahaman pendengar
Pronunciation
4



3

2


1
Control dalam pelafalan sangat baik, hampir tidak ada kesalahan dan bisa dipahami oleh pendengar dengan sangat baik.
Kesalahan dalam pelafalan jarang dan dapat dimengerti oleh pendengar
Sering terjadi kesalahan dalam pelafalan tetapi dapat dimengerti oleh pendengar
Banyak kesalahan dalam pelafalan dan sedikit mempengaruhi pemahaman pendengar
Fluency
4

3


2

1
Mampu berbicara dengan lancar dan dapat berkomunikasi dengan baik.
Jarang terbata-bata dalam berbicara tetappi dapat berkomunikasi dengan baik
Sering terbata-bata dalam berbicara dan sedikit mengganggu komunikasi
Sering terbata-bata dalam berbicara dan mengganggu komunikasi
Content
4

3

2

1
Kesesuaian dialog dengan konteks maksimal
Kesesuaian dialog dengan konteks minimal
Konteks dialog yang ditampilkan tidak jelas
Dialog yang ditampilkan diluar konteks

Pedoman Penskoran kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan:
NA =  X 4

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar